Pentingnya Pengasuhan Oleh Ayah

Written by  Tuesday, 30 June 2020 23:13

 

Perubahan sosial, ekonomi, serta budaya memberikan pengaruh pada masyarakat dalam merepresentasikan peran ayah terkait hal pengasuhan dan tumbuh kembang anak, yang dahulu diidentikkan pada seorang ibu. Namun, saat ini ayah dapat mengambil peran dalam berbagai hal, diantaranya: pengasuhan anak, dan berpartisipasi dalam aktivitas bermain serta masalah pendidikan. Dewasa ini peran seorang ayah dalam pengasuhan anak sangatlah sentral. Dalam proses parenting ayah turut memberikan kontribusi penting bagi perkembangan anak. Pengalaman anak bersama dengan ayahnya, akan mempengaruhi kesejahteraan seorang anak pada masa transisi dari anak  menuju remaja (Cabrera,dkk,2000).

Dalam penelitian Studi internasional yang dilakukan oleh Rutgers dengan judul Manifest Rutgers vooruit met vaderschapsverlof, 2016, Menunjukkan bahwa ketika ayah lebih banyak terlibat dalam proses pengasuhan, seluruh keluarga mendapatkan manfaat. Para ayah yang mampu menjalin ikatan dengan anak-anak mereka menceritakan lebih sedikit masalah kesehatan dan hubungan yang lebih baik dengan pasangan mereka. Anak-anak dari ayah yang terlibat dalam pengasuhan memiliki nilai yang lebih tinggi, lebih sehat dan menunjukkan lebih sedikit masalah perilaku. Dengan demikian, ibu juga akan memiliki lebih banyak peluang dalam pengembangan potensi diri. Intervensi yang saat ini dilakukan untuk meningkatkan keseimbangan antara pekerjaan domestik dan pengasuhan anak, akan mendorong perempuan untuk mencari dan mempertahankan pekerjaan di luar rumah. Namun, untuk membuat perbedaan secara nyata, kita harus secara aktif melibatkan ayah dalam tugas pengasuhan juga (Nikkelen, de blecourt, 2017).

Pertumbuhan anak dipengaruhi oleh pola pengasuhan kedua orang tuanya. Keterlibatan ayah dalam pengasuhan memberikan manfaat bagi tumbuh kembang anak, yakni (Yayasan Pulih :

  1. Kesuksesan dalam Meraih Prestasi

Keterlibatan Ayah dalam pengasuhan anak memiliki pengaruh yang besar. Seperti dalam perkembangan pola pikir yang lebih tinggi, prestasi sekolah yang lebih baik serta kesehatan mental yang lebih stabil, baik untuk anak perempuan maupun laki-laki.

  1. Meningkatkan Kemampuan Berempati dan Bersosialisasi

Dengan Ayah memberikan contoh yang baik dalam pengasuhan anak dan pelaksanaan pekerjaan rumah tangga, anak dapat melihat dan menyerap pembelajaran cara berempati sedini mungkin. Anak juga akan mampu mengembangkan kemampuan sosial yang sehat. Ke depannya, kemampuan ini akan membantu meningkatkan kemampuan anak untuk merasakan perasaannya, memahami posisi orang lain, dan mendukung relasi sosial yang lebih setara dan harmonis.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Rasa Aman

Ayah yang terlibat dalam pengasuhan selama masa perkembangan anak akan dapat memberikan dan mendorong terbentuknya kepercayaan diri pada anak yang lebih baik. Dengan kepercayaan diri yang lebih baik, anak juga akan merasa aman secara emosional dan merasakan rasa cinta yang tulus dalam keluarga.

  1. Mencegah Perilaku dan Permasalahan Psikologis

Anak laki-laki yang memiliki banyak waktu bersama ayahnya secara konsisten dan berkualitas dalam masa perkembangannya, memiliki lebih rendah kemungkinan bagi anak untuk menunjukkan perilaku negatif di kemudian hari.

  1. Mencegah Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Keterlibatan positif Ayah dalam rumah tangga dan menunjukan sikap menghargai kepada pasangan, akan membawa contoh nyata bagi anak-anak dan generasi mendatang dalam membangun relasi yang sehat dan setara dengan pasangannya. Sehingga, hal tersebut akan mencegah terjadinya kekerasan dalam rumah tangga di masa depan.

            Referensi

Hidayati, Farida., Veronika Sakti Kaloeti, Dian & Karyono. Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak,  dalam Jurnal Psikologi Undip Vol. 9, No. 1, April 2011

Nikkelen, Sanne & De Blécourt, Karlijn., (Utrecht: 2017). Images of Fatherhood. Rutgers in partnership with Promundo-US, as a part of MenCare: A Global Fatherhood Campaign, with financial support from the Bernard van Leer Foundation.

Tani Pratiwi, Gisella., Lima Manfaat Peran Ayah dalam Tumbuh Kambang si Kecil. Dalam http://yayasanpulih.org/2019/05/lima-manfaat-peran-ayah-dalam-tumbuh-kembang-si-kecil/ di akses pada tanggal 20 Juni 2020.

Read 76 times
35747947
Today
This Week
This Month
Last Month
All
4634
26397
79027
288398
35747947